Hunian Yang Nyaman Dibalik Ruko Yang Memiliki Luas Hanya 70 Meter Persegi

The Secret villa In Shoploft merupakan sebuah hunian yang tersembunyi di dalam bangunan ruko yang telah berdiri lebih dari 20 tahun. Hunian tersebut berhasil menghadirkan sebuah hunian yang terang, sejuk dan nyaman bagi yang tinggal didalamnya.

The Secret Villa In Shoploft merupakan sebuah bangunan yang menawarkan dwi fungsi yaitu sebagai tempat usaha atau toko dan juga hunian untuk tempat tinggal.

Hunian Yang Nyaman Dibalik Ruko Yang Memiliki Luas Hanya 70 Meter Persegi

Sering kali, bangunan yang menggunakan konsep seperti ini selalu akan mengorbankan sisi estetika untuk memanfaatkan semua ruang yang ada untuk menaruh barang baik itu barang kebutuhan hunian ataupun kebutuhan toko.

Sebuah desainer interior bernama Dwellingpals Studio menghasilkan sebuah konsep design yang dapat mensinergikan hal tersebut dengan tetap mempertahankan sisi estetika tanpa mengurangi fungsi dari tiap ruang yang dimiliki oleh bangunan ini.

Hunian Yang Nyaman Dibalik Ruko Yang Memiliki Luas Hanya 70 Meter Persegi

Pemilik bangunan tersebut pada awalnya hadir dengan keinginan seolah-olah dirinya tinggal di villa yang dimana dirinya bisa tinggal dengan nyaman dan mendapatkan apa yang dirinya butuhkan didalamnya walaupun dirinya tinggal di sebuah ruko.

Proses renovasi ini dilakukan oleh Marcia Amanda Saputra. Dirinya bertanggung jawab untuk melakukan renovasi bangunan tersebut yang dimana hampir mengcakup 70% dari total bangunan di renovasi. Marcia Amanda Saputra melakukan beberapa perubahan dalam hal pengudaraan, pencahayaan dan juga interaksi dengan dunia luar.

Pada Shoploft ini, kesan ruko yang selalu gelap, pengap dan lembap ini dihilangkan sehingga orang yang tinggal didalamnya memiliki kesan nyaman, terang dan hangat.

Hunian Yang Nyaman Dibalik Ruko Yang Memiliki Luas Hanya 70 Meter Persegi

Untuk memaksimalkan ventilasi udara beserta pencahayaan, Marcia bersama tim yang dimilikinya melakukan perubahan pada tangga dan juga tampak depan.

Hal pertama yang dilakukan adalah memasang pintu geser kaca. Penggunaan pintu geser kaca ini menghemat ruang yang cukup banyak sekaligus membuat tampilan balkon dari depan menjadi lebih menarik. Pintu ini juga merupakan pemisah antara interior dan eksterior.

"Dengan adanya pintu kaca ini, penghuni masih dapat melihat keadaan luar dalam keadaan pintu ditutup selain itu tentunya cahaya alami pun akan lebih mudah masuk kedalam rumah," kata Marcia.
Fungsi dari pintu kaca ini sebetulnya cukup besar untuk hunian yang memiliki keterbatasan ruang. Pintu seperti ini juga digunakan di ruangan-ruangan lain sehingga membuat interior hunia menjadi lebih luas.

Hal kedua yang dilakukan adalah pemasangan kanopi kaca di bagian atap ruko. Kanopi kaca ini sangat efektif untuk menjadi pencahayaan area tangga pada siang hari selain itu sinar matahari yang masuk juga membuat rumah terasa lebih segar.

Marcia menjelaskan bahwa hal terpenting dalam mendesain hunian dengan ukuran yang terbatas adalah memperhatikan aliran udara sekaligus cahaya. Dua elemen tersebut akan membuat penghuni yang tinggal didalam merasa nyaman.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.