Kiat Menekan Konsumsi Energi Di Rumah Anda

Energi memiliki peran penting dalam berbagai hal termasuk didalam rumah. Jika tidak digunakan denga bijak tentunya energi ini akan menjadi salah satu sumber pengeluaran terbesar rumah tangga anda. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang dapat diterapkan untuk menghemat penggunaan energi di rumah anda.

Jika anda ingin memangkas penggunaan energi dirumah anda, sebaiknya anda memeriksa peralatan dan energi yang dikonsumsi peralatan tersebut.

Pertama adalah pendingin udara. Pendingin udara merupakan salah satu sumber pengeluaran utama. Banyak pemilik rumah memasang pendingin udara yang tidak sesuai dengan ukuran rumah nya yaitu memiliki kapasitas yang lebih besar dari yang dibutuhkan.

Kiat Menekan Konsumsi Energi Di Rumah Anda

Hal ini akan membuat rumah anda dipenuhi dengan banyak udara dingin sehingga akan membuat rumah anda menjadi semakin lembab yang akan menyebabkan kondensasi dan juga jamur.

Penghuni yang ingin memastikan rumahnya tetap dingin harus memperhatikan apakah rumahnya telah dilengkapi dengan insulasi dan juga menutup semua potensi kebocoran yang ada didalam rumah yang dapat menyebabkan udara dingin didalam rumah menjadi bocor keluar.

Menutup segala kebocoran pada saluran pemanas dan juga pendingin udara dapat menekan potensi kebocoran energi.

Selain meningkatkan kerja pendingin udara, anda juga harus memperhatikan sistem pemanas air. Jika rusak atau lama, alat tersebut dapat mengakibatkan inefisiensi hingga mencapai 3 atau 4 kali lebih banyak dibandingkan alat yang baru.

Selain itu, penerangan juga dapat diperhatikan. Optimasi penerangan dapat menghemat biaya yang cukup besar. Anda dapat beralih ke lampu LED yang sudah terbukti lebih hemat dari lampu pijar. Penggunaan LED ini dapat meningkatkan efisiensi sebesar 85 persen.

Setelah anda menambal titik masaah tersebut, anda dapat beralih ke peralatan yang hemat energi untuk membatasi konsumsi energi anda sheingga biaya utilitas anda ikut menurun.

Perubahan yang lainnya adalah dengan memasang termostat yang dapat diatur ataupun strip daya yang dapat mengelola penggunaan energi dan peralatan yang tetap ada sepanjang waktu seperti dispenser air minum.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.