Rumah Mungi Di Jepang Ini Hanya Berukuran 20 Meter Persegi

Rumah berukuran kecil atau mungil saat ini tengah menjadi salah satu trend terutama dengan semakin tingginya harga tanah disejumlah kota besar di dunia ini. Jepang hadir dengan sebuah kreasi unik dengan membuat rumah yang memiliki luas kurang dari 20 meter persegi dapat menjadi rumah yang nyaman untuk ditinggali.

Rumah yang diberi nama Love2 House ini dirancang oleh arsitek yang bernama Takeshi Hosaka. Dirinya mendapatkan sebuah lahan yang memiliki luas yang hanya mencapai 31,41 meter persegi di Tokyo. Takeshi lalu berpikir membagi tanah tersebut menjadi 2 bagian yang masing-masing 18,84 meter persegi.

Rumah Mungi Di Jepang Ini Hanya Berukuran 20 Meter Persegi

Takeshi sendiri mengakui bahwa hunian yang dia buat tersebut terinspirasi dari hunian yang berada di Hojyo Square yang hanya memiliki luas sebesar 9,18 meter persegi yang merupakan karya dari Choumei beserta Cabanon Cabin dengan luas 16,85 meter persegi yang dibuat oleh Le Corbusier.

"Saya ini mewujudkan mimpi rumah mungil didalam rumah ini. Terdiri dari 5 elemen dideal gaya Romawi yaitu belajar, teaterm musik, permandian dan gastronomi," kata Takeshi.

Rumah Mungi Di Jepang Ini Hanya Berukuran 20 Meter Persegi

Rumah tersebut dibuat dengan 2 atas yang melengkung yang berbentuk cangkang yang dimama membuat penghuni nya dapat mendapatkan akses langsung ke cahaya matahari.

Kedua struktur tersebut digabung dengan ketinggian yang berbeda-beda sehingga membuat rumah terlihat sederhana.

Atap cangkang ini bentuknya lurus sehingga dapat terlihat menyatu dengan lingkungan sekitar akan tetapi bagian atas dibuat agak melengkung.

Walaupun tidak mendapatkan pasokan cahaya matahari yang cukup pada musim dingin, tetapi atap yang kerucut tersebut telah dapat membuat cahaya masuk dari sejumlah titik. Pada musim panas, rumah ini akan mendapatkan paparan cahaya matahari secara langsung yang dimana menyinari bagian interior rumah.

Rumah mungil ini memiliki 7 buah dinding yang memisahkan 3 zona yaitu ruang tidur, dapur dan ruang makan.

Rumah Mungi Di Jepang Ini Hanya Berukuran 20 Meter Persegi

Denah rumah dibuat dengan bentuk persegi panjang. Dari pintu masuk, akan terdapat ruang aktivitas yang dapat berfungsi sebagai ruang kerja ataupun ruang tamu. Pada sisi belakang terdapat dapur yang dibatasi oleh dinding beton dengan tinggi 1 meter.

Pada sisi dinding terakhir yang berada di belakang dapur terdapat tempat tidur sekaligus pintu belakang yang mengarah langsung ke kamar mandi terbuka yang ditambahkan bathtub.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.