Tips Mengatur Pencahayaan Di Rumah Dengan Baik

Dalam menata rumah, pencahayaan kerap menjadi aspek yang disepelekan. Padahal justru hal ini yang memiliki pengaruh yang cukup besar karena akan mempengaruhi suasana dalam rumah itu sendiri.

Tentunya tidak bisa dibayangkan apabila anda sudah memiliki dekorasi rumah yang bagus dan menghabiskan cukup banyak dana dan waktu yang anda miliki tapi rumah anda ternyata memiliki pencahayaan yang terlalu terang atau gelap.

Tips Mengatur Pencahayaan Di Rumah Dengan Baik

Pencahayaan dapat dibilang merupakan salah satu aspek paling rumit dari dekorasi. Dibutuhkan waktu dan konsentrasi khusus untuk dapat menatanya dengan benar. Beberapa desainer interior membagikan tips yang cukup mudah anda lakukan untuk memiliki pencahayaan yang maksimal di rumah anda.

1. Manfaatkan Setiap Sumber Cahaya Semaksimal Mungkin

Tidak ada cahaya yang seindah, sehemat atau bahkan sesehat cahaya alami yang tentunya berasal dari matahari pada siang hari. Oleh karena itu, anda harus mempertimbangkan jalur jatuhnya sinar matahari ketika menempatkan jendela, pintu bahkan batasan ruangan dari rumah anda.

"Jika anda membutuhkan sesuatu yang privat maka pergunakanlah partisi yang tidak terlihat kaku ataupun gunakan pepohonan untuk membuat area tersebut menjadi sulit untuk dilihat. Rumah akan terasa lebih asri dan segar," kata Joanna Crowley yang merupakan pemilik dari firma desainer interior Joanna Crowley Design.

2. Atur Cahaya Sesuai Fungsinya

Tiap ruangan dalam rumah memiliki fungsi yang berbeda. Penempatan lampu, lapisan pencahayaan dan faktor pendukung pencahayaan seperti jendela harus memperhatikan fungsi tersebut. Setelah anda mengetahui fungsi dari tiap ruangan tersebut, anda baru dapat menentukan aspek estetik seperti mood dan asksen dari ruangan tersebut.

Tips Mengatur Pencahayaan Di Rumah Dengan Baik

3. Aksen

Pencahayaan dalam rumah tidak hanyalah berkutat pada masalah sumber penerangan ataupun berapa banyak cahaya yang masuk akan tetapi juga karakter. Anda tidak hanya mempertimbangkan sumber cahaya utama akan tetapi juga sumber cahaya pendukung lainnya seperti tambahan lampu kecil dengan desain unik di meja ataupun lampu kecil di sudut langit-langit ruangan.

Tips Mengatur Pencahayaan Di Rumah Dengan Baik

Penggunaan pencahayaan yang pas akan membuat suasana rumah menjadi lebih hidup dan tentunya membuat furnitur dan dekorasi dapat memberikan fungsi estetika yang anda inginkan secara maksimal.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.