Hal Penting Dari Lampu Darurat Yang Sering Kita Gunakan Ketika Mati Listrik

Lampu darurat memiliki fungsi yang sangat membantu menjadi alat untuk membantu penglihatan ketika mati listrik ketika jika anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan.

Mati listrik merupakan hal yang cukup menjengkelkan dan fenomena yang kerap terjadi di Indonesia membuat banyak kegiatan harus terhenti jika terjadi pada siang hari dan dapat menganggu orang beristirahat ketika terjadi pada malam hari.

Mati listrik tidaklah mengenal waktu karena bisa terjadi kapan saja dengan jangka waktu yang tidak dapat diperkirakan sama sekali.

Hal Penting Dari Lampu Darurat Yang Sering Kita Gunakan Ketika Mati Listrik

Selain sulit untuk berkegiatan, kondisi gelap karena tidak adanya penerangan membuat penghuni rumah beresiko untuk terantuk kursi, bertabrakan dengan benda ataupun bahkan terjatuh. Karena berbagai alasan tersebutlah mengapa penerangan menjadi suatu hal yang sangat penting.

Jawaban untuk kondisi tersebut adalah dengan menyediakan lampu daruat yang dapat digunakan sebagai penerangan cadangan ketika mati listrik.

Ir. Amien Rahadjo, MT, seorang dosen Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia menjelaskan bahwa lampu darurat pada umumnya menggunakan baterai kering sebagai sumber tenaga.

Baterai jenis ini dapat bekerja tanpa adanya cairan, berbeda dengan aki mobil yang harus diisi dengan cairan aki untuk dapat menghasilkan energi listrik.

Lampu darurat yang menggunakan baterai basah sendiri memang jarang ditemui walaupun memiliki harga yang lebih murah akan tetapi cenderung tidak bertahan lama terutama jika tidak sering dicas.

Pada keadaan normal, lampu darurat ini dicolok ke sakelar listrik untuk dilakukan pengisian baterai yang dikenal dengan istilah cas. Ketika di cas, aliran listrik bolak-balik atau AC yang dimana berputar antara sumber listrik yaitu PLN ke baterai dan sebaliknya.

Lampu yang dalam kondisi dicas atau tersambung ke sumber listrik tidak akan menyala dan akan melakukan proses pengisian baterai. Setelah lampu tersebut terputus dengan sumber listrik maka lampu akan secara otomatis akan menyala. Posisi menyala tersebut juga ditentukan pada posisi switch on/off dari lampu tersebut karena sebagian lampu memiliki switch tersebut.

Hal Penting Dari Lampu Darurat Yang Sering Kita Gunakan Ketika Mati Listrik

Pada keadaan menyala, lampu akan menggunakan energi dari baterai yang telah dicas sebelumnya sehingga terjadi arus DC yang berarti terjadi arus searah dari baterai ke lampu. Keadaan ini juga disebut dengan recharge atau pengosongan baterai.

Sistem kerja AC/DC ini merupakan hal umum dalam bidang elektronik dan digunakan alat elektronik pada umumnya yang menggunakan listrik dan baterai sebagai bahan bakarnya.

Saat ini terdapat cukup banyak pilihan lampu darurat yang dapat dipilih tergantung pada fitur dan kebutuhan dari si pemakai. Mulai dari jenis lampu, bentuk dan cara peletakan hingga tambahan fitur.
Jika dikategorikan jenis lampu maka lampu darutat memiliki 2 varian yaitu lampu neon dan LED. Jenis LED biasanya lebih terang dan hemat tenaga dari neon. Seberapa terang sebuah lampu darurat dengan LED ini ditentukan oleh jumlah LED yang terpasang, semakin banyak jumlahnya maka akan semakin terang lampunya.

Untuk bentuk, saat ini pasaran telah memiliki banyak bentuk dari lampu darurat. Bentuk lampu darurat itu sendiri menjadi semakin variatif ketika dikelompokan kedalam ukuran dari lampu tersebut.

Seperti bentuk, peletakan lampu darurat juga akan menentukan bagaimana lampu darurat tersebut. Lampu darurat yang diletakan di meja akan memiliki bentuk dan juga lampu yang berbeda dengan lampu yang dipasang di dinding atau digantung. Selain itu, beberapa lampu bahkan telah dibuat untuk dapat dibawa kemana saja.

Masing-masing lampu tersebut memiliki keunggulan masing-masing akan tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi kualitas dari lampu. Kualitas dari sebuah lampu darurat tersebut ditentukan oleh kualitas baterai karena semakin bagus baterai yang digunakan maka lampu tersebut akan semakin tahan lama.

Baterai ini juga akan mempengaruhi seberapa lama lampu tersebut dapat menyala. Ada lampu yang dapat menyala 3 jam dan ada juga lampu yang dapat menyala 12 jam. Lampu paling ideal adalah lampu yang dapat bertahan selama 6 jam.

Terakhir adalah fitur. Fitur ini menjadi penting karena menjadi salah satu alat jualan dari produsen lampu darurat. Yang paling penting adalah, semakin banyak fitur dari lampu tersebut akan membuat kebutuhan daya akan semakin besar sehingga berdampak pada durasi lampu tersebut dapat hidup.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.