Ide Bangunan Ini Cocok Untuk Dijadikan Inspirasi Untuk Membangun Ruko

Konsep hunian yang multi fungsi yaitu dapat digabungkan dengan toko ataupun kantor telah berkembang lama diseluruh dunia bahkan di Indonesia. Biasanya desain bangunan dibuat lebih sederhana dengan bentuk yang hampir sama semuanya.

Berbeda dengan Indonesia, rumah multi fungsi yang dapat dijadikan toko di Jepang dibuat dengan cara yang cukup unik. Rumah tersebut disebut dengan nama Corridor of the Fold.

Corridor of the Fold dibuat oleh arsitek Jepang yang bernama Jun Igarashi. Corridor of the Fold ini terkesan unik karena didesain dengan berbentuk kurva atau melengkung yang berbeda dengan Indonesia yang didesain dengan bentuk siku.

Ide Bangunan Ini Cocok Untuk Dijadikan Inspirasi Untuk Membangun Ruko

Bangunan dengan luas 142,5 meter persegi ini menggunakan kombinasi garis melengkung dan lurus sehingga menhasilkan bentuk yang unik dan terlihat berbeda dibandingkan bangunan disekitarnya.

Corridor of the Fold ini dibangun dengan 2 lantai yang dimana lantai pertama digunakan sebagai toko untuk berjualan sake sementara itu lantai 2 difungsikan sebagai tempat tinggal oleh pemiliknya.
Ibaranya ruko di Indonesia, di lantai dasar ini para pengunjung dapat melihat secara langusng koridor yang difungsikan sebagai toko tersebut.

Berjalan menyusuri lorong, akan terdapat kursi yang digunakan untuk melayani tamu yang ingin menikmati sake. Pada tingkat dua yang dijadikan tempat tinggal juga memiliki bentuk yang hampir sama dengan beberapa tempat digunakan sebagai dapur.

Ide Bangunan Ini Cocok Untuk Dijadikan Inspirasi Untuk Membangun Ruko

Bangunan unik ini terletak di perumahan Kitami, Hokkaido, Jepang. Selain bentuknya, Corridor of the Fold ini juga menggunakan fasad berbahan dasar kayu yang membuatnya semakin unik.

Bahan kayu juga dimanfaatkan pada bagian lantai akan tetapi dengan penggunaan warna yang berbeda dengan fasad dari bangunan. Dinding juga mengadopsi warna terang yaitu putih bersih untuk memunculkan warna kontras.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.