Nippon Paint Ajak Mahasiswa Ciptakan Inovasi Terbaik Melalui AYDA 2019

Salah satu merek cat terbesar di Indonesia Nippon Paint menggelar kompetisi arsitektur dan desain interior antara negara dalam Asian Young Designer Awards. Ajang penghargaan Asiang Young Designer Awards merupakan telah memasuki tahun usia ke-8. Pada ajang tahun ini, Nippon Paint mengajak para mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan dan inovasi yang mereka miliki untuk menciptakan karya dalam bidang arsitektur dan desain interior yang spektakuler. Untuk tahun 2019 ini, Nippon Paint menggandeng Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Nippon Paint Ajak Mahasiswa Ciptakan Inovasi Terbaik Melalui AYDA 2019

Dimulai dari tahun 2011 lalu, AYDA merupakan kompetisi yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa arsitektur dan desain interior. Kompetisi ini merupakan kompetisi untuk melatih para mahasiswa untuk menciptakan inovasi dan kreasi terbaru dalam bidang arsitektur dan desain interior. AYDA ini juga merupakan pintu masuk bagi calon arsitektur dan desainer interior untuk menunjukan eksistensinya.

AYDA sendiri telah menjadi ajang yang bergengsi dan diselenggarakan di lebih dari 15 lokasi berbeda antara lain India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, China, Hongkong dan Taiwan. Pemenang dari AYDA yang diselenggarakan pada level nasional atau regional tiap negara akan kembali berkompetisi pada acara puncak untuk memperebutkan satu tiket beasiswa ke Harvard Graduate School of Design.

Nippon Paint Ajak Mahasiswa Ciptakan Inovasi Terbaik Melalui AYDA 2019

"Kami yakin dengan dukungan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, kompetisi ini akan berkembang dengan baik dan melahirkan para arsitek dan desainer interior yang mumpuni. Dukungan juga diberikan oleh para praktisi, industri dari berbagai universitas di Indonesia membuat level kompetisi ini semakin tinggi gan melahirkan desainer muda dengan kualitas mumpuni yang dapat bersaing pada level internasional," kata Jon Tan yang merupakan CEO Decorativve Paints Nippon Paint Indonesia.

Kedua pemenang AYDA 2018 yaitu Silvia Ervina yang berasal dari Universitas Pelita Harapan dan Daniel dari Universitas Kristen Petra menghadirkan konsep inovatif pada pengembangan budaya ataupun sosial. Silvia memamerkan hasil karyanya yang terinspirasi dari bangunan sejarah Lawang Sewu di Semarang yang menurutnya bangunan tua tersebut memiliki pesona yang harus dirawat dan dikembangkan. Sedangkan Daniel, mengangkat kehidupan sosial di kampung nelayan Kenjeran, Surabaya. Hampir setiap hari Daniel mencium bau ikan asap karena lokasi tempat tinggalnya yang cukup dekat dengan kampung nelayan tersebut. Daniel memiliki ide membuat teras rusun nelayan yang bertujuan untuk kampung nelayah di Kenjeran tersebut daapt lebih tertata rapi. Tahun ini keduanya akan berangkat ke Singapura untuk mengikuti kompetisi level Asia.

Nippon Paint Ajak Mahasiswa Ciptakan Inovasi Terbaik Melalui AYDA 2019

Menurut Prof. Dr. Ismunandar, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, AYDA sangat mendukung kemajuan dari dunia arsitektur dan desain interior nasional. Mahasiswa yang memiliki bakat akan memiliki passion tambahan dalam bidang yang ditekuninya saat ini. AYDA sendiri juga dapat menjadi wadah pembelajaran yang otentik bagi semua mahasiswa yang mengambil bagian dalam kompetisi ini.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.