Setengah Pabrik Kayu Disulap Menjadi Hub Industri Kreatif Yang Modern

Tidak jauh dari Stasiun Rawa Buaya, terdapat sebuah pabrik kayu masih beroperasi hingga saat ini. Berbeda dengan pabrik lainnya, separuh pabrik ini telah disulap mengikuti tren modernisasi jaman.

Sebagian dari bangunan ini telah berubah dari kantor pabrik kayu menjadi sental industri kreatif untuk para desainer atau pelaku industri kreatif yang kesulitan mendapatkan tempat dan alat untuk merealisasikan inovasinya.

Indoestri Maker Space adalah nama yang diberikan oleh Leonard Thoeabrata untuk tempat ini.

Setengah Pabrik Kayu Disulap Menjadi Hub Industri Kreatif Yang Modern

"Mana ada yang kenal yang namanya Rawa Buaya? Tapi justru ini adalah tantangannya, akan gue buat orang untuk datang kemari," kata Leo dengan berapi-api.

Rawa Buaya yang terletak jauh dari pusat kota tidaklah menjadi kendala bagi Leo karena disamping kelemahan tersebut, Rawa Buaya merupakan lokasi yang dekat dengan daerah penyanggap Jakarta.

Setengah Pabrik Kayu Disulap Menjadi Hub Industri Kreatif Yang Modern

Bukan karena dekat dengan stasiun kereta api, lokasi Rawa Buaya terutama Indoestri Maker Space ini berada di pinggir Jalan Tol Lingkar Luar Barat yang telah tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota.

Ini berarti, Indoestri Maker Space sesungguhnya cukup mudah di capai baik yang menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Melihat berbagai hal tersebut, tidaklah heran jika Indoestri akan dikunjungi oleh banyak orang terutama para pelaku usaha kreatif yang membutuhkan tempat dan dukungan peralatan untuk mewujudkan inovasi mereka menjadi barang nyata. Sejauh ini Indoestri telah mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.

Setengah Pabrik Kayu Disulap Menjadi Hub Industri Kreatif Yang Modern

Hal ini terbukti dengan telah terdapat 60 anggota yang bergabung ke Indoestri pada tahun pertama pembukaan tempat ini.

Tempat ini tempat dimana para anggota nya mempelajari dan berlatih untuk para pelaku industri kreatif ataupun masyarakat umum untuk mendalami proses dasar sebuah produk yang akan dibuat.

Gagasan awal tempat ini didirikan karena berasal dari pengalaman Leonard Thoesabrata yang telah terlibat dalam industri kreatif lebih dari 12 tahun.

Melalui Indoestri ini, Leo ini membantu para desainer ataupun pelaku industri kreatif untuk dapat terus berkreasi dalam membuat produk inovatif mengingat dirinya juga mengalami jatuh bangun dan kesulitan ketika menjalankan industri kreatif.

Setengah Pabrik Kayu Disulap Menjadi Hub Industri Kreatif Yang Modern

Selain itu, Leo ini mengajak para desainer untuk kembali pada semangan selfmade yaitu mempelajari segala sesuatu mengenai proses dasar produk dan memulai dari nol kembali.

Dirinya tidak ingin generasi desainer dan pelaku industri kreatif hanya tahu istilah tanpa tahu cara kerja dan proses dari sebuah produk kreatif.

Dalam memahami dan mengetahui semua proses, ilmu dan informasi akan bertahan lebih lama daripada hanya mencari tahu melalui internet.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.