Alasan Mengapa Rumah Dengan Konsep Interior Open Space Lebih Rumit

Saat ini, rumah tanpa sekat pada beberapa bagian selain kamar mandi dan kamar tidur adalah suatu hal yang lumrah.

Salah satu yang paling sering dilihat adalah bergabungnya ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Semua ruangan tersebut digabung menjadi satu tanpa adanya sekat sama sekali.

"Sekat-sekat dihilangkan untuk menciptakan ruang yang dimana ruang tamu, ruang makan dan dapur dijadikan satu ruang besar yang berpusat pada keluarga, tempat menyiapkan makanan, berinteraksi dengan keluarga dan tamu, melihat apa yang ada di TV dan mengawasi anak-anak," kata Janet Lorusso seorang desainer interior dari JRL Interiors di Massachusetts, Amerika Serikat.

Mungkin bagi sebagian orang, ruangan dengan konsep seperti ini telihat menyenangkan akan tetapi secara pratik, ruangan dengan konsep open space atau tanpa sekat ini cukup rumit untuk pemilihan tata letak.

Alasan Mengapa Rumah Dengan Konsep Interior Open Space Lebih Rumit

Berikut ini adalah tigal hal yang sering dikeluhkan orang terkait ruangan tanpa sekat.

1. Suara Menjadi Lebih Keras

Desain open space atau tanpa sekat ini dianggap berisiko untuk mengurangi waktu santai karena suara hingga aktivitas dapat terlihat, terdengar dan terhubung.

Hal ini menurut Sherri Monte, pemilik dari perusahaan desain interior Elegant Simplicity, cenderung membuat orang sulit untuk bersantai di ruang tamu ataupun keluarga.

Sementara itu, menurut desainer interior Crystal Nagen, konsep ruang terbuka ini membuat suara terdengar lebih keras.

"Saya sarankan untuk menambahkan isolasi pada dinding interior dan langit-langit untuk mengurangi kebisingan suara tersebut yang kemungkinan akan cukup menganggu pada saat tertentu," kata Crystal.

2. Perawatan Lebih Berat

Menurut Monte, ruangan tanpa sekat memiliki cara pembersihan yang berbeda. Untuk yang belum terbiasa, akan terlihat mondar-mandir membersihkan ruangan tersebut dari ruang tamu hingga dapur karena semua dapat terlihat dengan sangat jelas dan kasat mata.

3. Lebih Kreatif

Konsep ruang terbuka ini pun mengharuskan pemiliknya menjadi lebih kreatif mulai dari penempatan furnitur, karpet hingga lampu gantung.

"Anda harus sangat kreatif misalnya membuat pintu masuk yang terasa seperti ruang baru dengan mengecat dinding dengan pilihan warna berbeda dan kontras," kata Monte.

"Anda juga dapat menggunakan wallpaper untuk menunjukkan perbedaan tiap ruang seperti wallpaper tentu untuk menunjukan bahwa ini adalah ruang tamu, ini ruang makan dan seterusnya," tutup Monte.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.