Interior Kantor Ini Menggunakan Konsep Alam Yang Unik

Tinggal didalam gedung bukan berarti menghilangkan imajinasi akan alam. Nuansa alam dapat dihadirkan dengan melalui interior ruangan. Hasilnya, manusia pun seperti tidak terpisah dari alam walaupun hanya melalui interior ruangan yang mereka tempati atau gunakan.

Cara tersebut dilakukan oleh Slack yang merupakan sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang cloud computing untuk mendesain kantornya.

Dengan interior yang mengusung nuansa alam kedalam ruang, perusahaan tersebut menghilangkan hakekat kehidupan yaitu hubungan manusia dan alam. Para pekerja didalam kantor ini diajak untuk menyatu dengan alam walaupun dalam bentuk imaginasi. StuidoO+A yang dipercaya untuk mengerjakan desai kantor dengan luas 27.871 meter persegi yang berada di pusat kota San Fransisco.

Interior Kantor Ini Menggunakan Konsep Alam Yang Unik

Untuk mendesain kantor ini, firma desain yang juga berada di San Fransisco ini mengambil inspirasi dari Stewart Butterfield yang merupakan CEO Slack yang memiliki hobi berjalan kaki dan menghabiskan waktu luang di hutan.

Desain yang telah didaftarkan kedalam Dezeen Award 2019 ini secara khusus mengacu pada berbagai landskap Pasific Crest Trail yang memiliki jalur sepanjang 4.270 kilometer yang membentang dari California hingga British Columbia. Setiap lantai dari kantor ini diberi tema topografi mulai dari dataran gurun pada lanta pertama hingga puncak gunung lantai paling atas.

"Konsep O+A ini bertujuan untuk menciptakan evokasi dari lantai ke lantai dan mengubah perjalanan naik lift menjadi perjalanan virtual dari baja ke Pasific Barat Laut," kata tim desain dari StudioO+A.
Ide tidak hanya sebagai topografi dan botani akan tetapi juga menangkap semua kesamaan antara mendai pada jalan setapak di hutan belantara untuk bekerja. Pengalaman menikmati interior dari lantai lobi yang dianggap sebagai base camp. Para pekerja dapat duduk ditempat duduk berbentuk segi tiga yang disediakan untuk mengingatkan pada tenda.

Pada beberapa tingkat berikutnya, para penghuni gedung akan diajak untuk menikmati sentuhan akhir desain interior yang bertemakan gurun. Bentuknya diwujudkan dengan visual kaktus yang berada di dalam pot, balok terakota ataupun furnitur dalam warna kalem. Sementara itu, perlengkapan cahaya digunakan untuk mendapatkan cahaya yang menumbuhkan nuansa malam hari di gurun.

Interior Kantor Ini Menggunakan Konsep Alam Yang Unik

Pada setiap lantai juga terdapat pengalaman yang tidak terduga seperti menjelajah hutan belantara yang disertai dengan kejutan malam penuh bintang. Selain itu, terdapat juga instalasi dinding yang mereplikasi topografi dari Danau Tahoe.

Tim interior juga memasikan kondisi kerja yang fleksibel. Pekerja memiliki akses ke berbagai fasilitas khusus yang diantaranya adalah lounge teh, taman ataupun lounge lantai atas yang dilengkapi dengan bir keran.

Dengan tanap mengurangi fungsi sebagai kantor, interior ini berupaya untuk tidak memisahkan manusia dari alam walaupun berwujud interior.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.