Mudahnya Menambahkan Fungsi Kantor Di Rumah Anda

Setiap orang tentunya menganggap rumah seabgai istana mereka. Hal tersebut merupakan sesuatu yang umum bagi semua orang akan tetapi saat ini persepsi tersebut sudah berkembang.

Rumah tidak hanya difungsikan sebagai tempat tinggal lagi akan tetapi juga dijadikan pusat kendali operasi bisnis. Hal ini banyak berlaku untuk usaha rintisan digital ataupun online store yang dijalankan dari rumah.

Selain itu, para pekerja kantoran yang sering membawa pekerjaan mereka yang menumpuk ke rumah untuk dikerjakan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya dukungan dari lingkungan sekitar sangat penting terutama suasana dari rumah anda.

Mudahnya Menambahkan Fungsi Kantor Di Rumah Anda

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk merancang sebuah "kantor" didalam rumah yang nyaman.

1. Pilih secara hati-hati

Ketika menjadikan salah satu ruangan didalam rumah sebagai kantor pribadi, anda harus mengetahui apakah ruangan tersebut memilik tingkat kebisingan yang rendah.

Contohnya adalah ruangan tersebut tidak terlalu dekat dengan jalan raya yang mungkin saja akan dilalui oleh kendaraan bermotor, perjalan kaki ataupun orang berjualan.

Jika anda memiliki anak kecil, anda juga dapat mempertimbangkan faktor pengawasan terhadap anak ketika berada didalam "kantor" pribadi anda untuk bekerja. Ruangan tersebut haruslah tidak mempersulit anda untuk mengawasi anak anda ketika bermain.

2. Gunakan Pendekatan Minimalis

Gunakan warna yang sesuai dengan selera anda dan sekaligus dapat menstimulus kerja otak anda. Anda juga perlu menjaga kebersihan ruangan tersebut untuk membuat pikiran anda tetaplah jernih ketika bekerja.

Pergunakanlah barang secukupnya seperti meja, kursi dan lemari tanpa perlu menambahkan aksesoris yang berlebihan karena fokus anda adalah bekerja dengan pekerjaan yang anda bawa pulang baik itu dokumen ataupun laptop anda.

3. Kurangi Penggunaan Kabel

Anda dapat menggunakan perangkat wireless atau nirkabel pada komputer atau laptop anda. Hal ini dapat menjaga pandangan terhadap kabel yang berantakan. Jika anda memang terpaksa menggunakan kabel permanen seperti kabel listrik pergunakanlah pipa kabel PVC yang ditempel didinding. Pipa kabel tersebut juga membantu menjaga kabel anda tetap awet.

Penempatan kabel ini sering menyebabkan semerawutan sehingga jika ditata dengan benar maka ruang kerja anda akan terlihat rapi.

4. Minimalkan Penggunaan Kertas

Pada jaman serba digital seperti ini, menyusun rencana pekerjaan sesungguhnya sudah dapat dilakukan tanpa menggunakan kertas.

Menggunakan dokumen digital membuat anda dapat melakukan proses pemindaian, pemusnahan hingga mencegah penggunaan kertas secara masif. Dengan mengurangi penggunaan kertas, anda telah membantu untuk menyelematkan bumi ini secara bersamaan.

5. Go Green

Gunakan elemen hijau pada ruangan kerja anda untuk membantu anda mengatasi rasa capek pada mata.

Menaruh tanaman hijau di meja ataupun mengecat salah satu bagian dinding dengan warna hijau atapun menaruh lukisan permandangan persawahan yang hijau dapat menjadi pilihan anda.

Dengan adanya elemen hijau ini, mata anda akan terasa lebih rileks sekaligus dapat menekan rasa stress.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.