Pemilih Rumah Kecil Semakin Meminati Jasa Desainer Interior

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang nyaman? Banyak yang telah berusaha untuk menciptakan hal tersebut dalam rumah mereka termasuk dengan menyewa jasa desain interior. Akan tetapi, cukup banyak orang tidak mengenai kerja dari profesi ini.

CEO Dekoruma, Dimas Harry Priawan mengatakan bahwa desainer interior tidak hanya memiliki tugas untuk mempercantik rumah atau tempat tinggal akan tetapi profesi tersebut memiliki fungsi yang lebih yaitu sebagai pemberi solusi.

"Kalau ingin mencari inspirasi rumah bisa dilihat dari berbagai media seperti membeli buku interior, mencari di internet akan tetapi yang ditawarkan oleh seorang desainer interior adalah lebih dari hal tersebut yaitu sebagai seorang problem solver," katanya.

Dalam 10 tahun terakhir ini, Dimas telah melihat perbedaan dalam industri jasa desainer interior. Dirinya menyebutkan bahwa jasa desainer interior sangat diperlukan oleh setiap pemilik kediaman baik itu yang memiliki keterbatasan lahan atau tidak. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya yang dimana sebagian klien didominasi oleh pemilik rumah gedongan.

Pemilih Rumah Kecil Semakin Meminati Jasa Desainer Interior

Perbedaan tipe klien seperti ini, menurutnya berdampak pada tuntutan yang berbeda juga. Mereka yang tinggal di lahan yang terbatas akan menekankan pada pemenuhan fungsi dan estetiak sehingga dapat memenuhi kenyamanan mereka. Para desainer dituntut dapat menata ruang yang tepat dengan biaya yang efisien.

Sementara itu, klien yang tidak mengalami masalah keterbatasan lahan akan menuntut kenyamanan pada desain yang dihasilkan. "Tentu definisi bahagia setiap klien atau pemilik rumah itu berbeda-beda tergantung pada selera dari klien atau pemilik rumah," kata Dimas.

Dalam mendesain ruang, seorang desainer akan mencoba untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dari klien. Dari detail, warna, pemilihan prabot, desain lantai hingga pencahayaan akan diperhatikan dengan seksama untuk mewujudkan rumah yang nyaman bagi klien baik ketika tinggal didalamnya ataupun beraktivitas.

"Tentu saja tidak bisa asal begitu. Harus memenuhi unsur fungsionalnya," lanjut Dimas.

Dimas juga menuturkan bahwa sebagian besar klien tidak hanya berhenti pada desain gambar akan tetapi banyak yang melanjutkan hingga tahap proyek untuk mewujudkan desain tersebut. Hal tersebut sering menyulitkan desainer karena sering kesulitan menentukan biaya dan mendapatkan vendor yang dapat mendukung desain tersebut.

Pemilih Rumah Kecil Semakin Meminati Jasa Desainer Interior

"Kontraktor sering bingung sehingga pada akhirnya mereka menaikan harga penawaran lebih tinggi 10 persen untuk mengambil posisi aman jika terdapat yang tidak sesuai sehingga ujung-ujungnya konsumen yang harus membayar lebih mahal," jelas Dimas.

Ketidakefisienan tersebut, lanjutnya dapat diatasi dengan menggunakan teknologi yang dapat menghitung kebutuhan secara lebih akurat.

"Sementara ini, perangkat lunak atau software yang digunakan oleh para desainer yang telah masuk kedalam database kami. Kedepan akan kami buka ke publik untuk mempermudah orang dalam melakukan perhitungan secara lebih akurat sehingga bermanfaat untuk orang banyak," kata Dimas.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.