Penampakan Rumah DP 0 Rupiah Milik Anies Baswedan

Rusunami atau Rumah Susun Sederhana Milik dengan DP 0 Rupiah yang menjadi program andalan pemerintah DKI Jakarta sudah akan selesai dibangun.

Rusunami Klapa Village yang berada di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur tersebut saat ini telah berdiri kokoh dengan dominasi cat warna putih. Pihak Pemprov DKI sendiri telah menyediakan contoh rusunami yang dapat dilihat sejak Juli 2019 lalu.

Terdapat tiga tipe unit dari rusunami ini yaitu tipe 21, 24 dan 36.

Tipe terbesar pada rusunami Klapa Village ini adalah tipe 36. Tipe 36 ini sendiri disediakan sebanyak 360 unit dengan harga Rp 310.640.000. Tipe 36 ini memiliki ruang tamu minimalis yang dapat digunakan sebagai ruang untuk menonton TV.


Penampakan Rumah DP 0 Rupiah Milik Anies Baswedan

Sebagai tipe terbesar, tipe 36 ini memiliki 2 kamar tidur dan satu kamar mandi. Kamar tidur utama sendiri memiliki ukuran yang muat satu tempat tidur berukuran queen size dan satu lemari pakaian 2 pintu sedangkan kamar kedua memiliki ukuran yang lebih kecil dan hanya muat untuk tempat tidur berukuran single bed. Setiap kamar memiliki satu jendela.

Dapur pada tipe 36 ini berada di dekat kamar anak. Dapur pada rusunami ini telah dilengkapi dengan kitchen sink yang digunakan untuk mencucui piring. Bagian dapur ini juga didesain dengan minimalis.

Dibandingkan dengan tipe lainnya, tipe 36 ini hanya memiliki perbedaan pada kamar tidur.
Pada kamar mandi, rusunami ini juga sudah dilengkapi dengan hand shower da wc duduk sementara itu pintunya terbuat dari plastik PVC yang lebih tahan lama dibandingkan pintu kayu ataupun aluminium.

Tidak berbeda dengan tipe 36, pada tipe 21 dan 24 juga memiliki jendela pada setiap kamarnya.
Tipe 21 dan 24 sendiri adalah tipe bagi konsumen yang mencari harga hunian rusunami yang lebih terjangkau. Tipe 24 disediakan sebanyak 180 unit yang dimana setiap unitnya dihargai dengan harga Rp 210.760.000.

Penampakan Rumah DP 0 Rupiah Milik Anies Baswedan

Dengan ukuran yang lebih kecil, tipe 24 ini hanya memiliki satu kamar tidur, satu ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Tipe lainnya adalah tipe 21 yang merupakan tipe terkecil dengan ukuran studio. Tipe ini dibangun sebanyak 240 unit dengan harga Rp 184.000.000.

Tipe ini tidaklah jauh berbeda dengan tipe 24 dengan satu kamar tidur, kamar mandi dan dapur.

Rusunami Klapa Village dibangun dengan tembok yang berbahan dasar bata ringan. Setiap jendela dan pintu menggunakan bahan dasar aluminium yang lebih tahan lama dan tahan terhadap pelapukan.

Gedung dengan total 21 lantai ini dilengkapi alat pemadam kebakaran atau hydrant disetiap lantainya.

Terdapat 4 lift yang dapat digunakan oleh para penghuni dan juga tangga darurat di 3 sisi bangunan.
Rusunami ini akan dijual dengan dalam keadaan tidak disertai dengan tempat tidur, kulkas, sofa dan TV seperti yang ditunjukan di rumah contoh.

Penampakan Rumah DP 0 Rupiah Milik Anies Baswedan

Sejauh ini, Klapa Village disebutkan akan mulai melakukan penyerahan kunci pada Agustus ini akan tetapi belum ada konfirmasi yang detail mengenai hal tersebut.

Sementara itu, pendaftaran untuk calon pengguna telah ditutup pada November 2018 lalu dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.481 orang untuk mengisi 780 unit rusunami di Klapa Village.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Kelik Indriyanto mengatakan terdapat beberapa fasilitas publik yang disediakan di Klapa Village.

"Fasilitas yang disediakan antara lain adalah lift, taman, mushola, ruang terbuka, parkir motor dan mobil," jelas Kelik.

Pihak Pemprov juga sudah menyediakan akses bus Transjakarta untuk penghuni rusunami ini dengan kode 7P dengan rute Pondok Kelapa-BKN.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.