Pilihan Warna Yang Cocok Untuk Ruangan Di Rumah

Mengecat dinding ruangan ulang bukanlah perkara yang mudah. Ini karena pemilihan warna yang benar akan dapat meningkatkan kesehatan mental dari penghuninya.

Selain itu, ilmu psikologi warna modern juga menjelaskan bahwa pemilihan warna yang benar akan dapat mempengaruhi pandangan, mood hingga selera makan.

Dengan demikian, warna yang tepat dapat disesuaikan dengan fungsi ruangan. Lalu bagaimana cara untuk menentukan warna yang tepat untuk ruangan di rumah?

1. Kamar Tidur

Kamar tidur memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk beristirahat. Oleh karena itu, warna yang digunakan adalah warna dengan nuansa biru yang lebih gelap. Tidak banyak orang yang tahu bahwa kamar berwarna biru tersebut dapat menghadirkan kualitas tidur terbaik ketika malam hari.

Pilihan Warna Yang Cocok Untuk Ruangan Di Rumah

Warna ini mampu membuat tubuh menjadi rileks dan pikiran serta memberikan perasaan nyaman. Bahkan ada beberapa desainer interior yang mengklaim bahwa nuansa biru dapat menurunkan tekanan darah.

Warna biru yang lembut dapat dihadirkan pada setiap sudut kamar seperti warna dinding, langit-langit, bedcover hingga menaruh lukisan yang memiliki warna biru di dalam kamar.

2. Dapur

Ruangan yang memiliki kaitan erat dengan makanan ini sangat cocok jika diwarnai dengan warna hangat seperti kuning, oranye atau merah terang. Warna-warna tersebut telah banyak digunakan oleh industri restoran selama beberapa dekade terakhir karena dianggap dapat meningkatkan nafsu makan.
Anda juga daapt mengkombinasikan dengan warna pilihan lain seperti putih dan silver. Kehadiran warna silver akan daapt membuat ruangan ini terasa seimbang dan terang.

Mood yang dihasilkan oleh warna-warna tersebut membuat anda yang memasak menjadi lebih nyamana dan akrab. Hal ini akan menjadi lebih baik jika dapur tersebut disatukan dengan ruang makan.

3. Ruang Tamu

Untuk ruangan yang satu ini, mayoritas penggunaan warna adalah warna putih ataupun warna yang bersifat terang. Hal ini sebabkan oleh perubahan warna tersebut akan membuat ruangan tersebut terasa lebih segar. Selain itu, warna putih juga membuat ruangan yang berukuran kecil menjadi terasa lebih luas dan bersih.

Dominasi warna putih untuk ruang tamu juga akan membuat aspek dekorasi terlihat menjadi lebih menonjol seperti bantal, karpet ataupun lukisan.

4. Perpustakaan atau Ruang Kerja

Jika anda melakukan bisnis atau bekerja dari rumah, tentu saja anda tidak ingin menerapkan warna yang dapat memicu rasa kantuk dan lapar yang dimana akan dapat menggangu pekerjaan anda.
Jika anda memiliki ruang kerja khusus atau perpustakaan pribadi di rumah maka warna hijau dapat menjadi pilihan yang baik.

Warna hijau secara alami dapat menenangkan anda. Penerapan warna ini dapat dipercaya untuk membuat anda untuk fokus sekaligus dapat mengurangi stress dari pekerjaan.

Untuk terkesan alami, anda dapat juga menemaptkan beberapa tanaman dan perabotan kayu di ruangan tersebut. Selain itu, anda juga dapat menaruh meja kerja di tempat yang dekat dengan jendela sehignga memperoleh pencahayaan alami yang cukup dan langsung.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.