Kantor Baru Shopee Mengusung Open-Office Yang Kolaboratif Dan Ramah Lingkungan

Perusahaan e-commerce Shopee resmi telah membuka kantor pusat regional mereka di Singapura pada September 2019 lalu. Kantor baru tersebut mengadopsi konsep open-office atau serba terbuka dengan tujuan meningkatkan produktivitas karyawannya yang berjumlah tiga ribu orang.

"Kami ingin menekankan pada konektivitas, kolaborasi dan komunitas. Terkoneksi artinya karyawan dari semua departemen atau divisi dapat terhubung satu sama lainnya dengan mudah," kata CEO Shopee Chris Feng.

Konsep konektivitas dan kolaborasi ini diwujudkan dengan penggunaan ruangan tanpa sekat. Para karyawan juga tidak wajibkan untuk bekerjasa langsung meja kerjanya akan tetapi dapat bekerja dari berbagai tempat seperti kantin ataupun co-working space layaknya perusahaan teknologi di Sillicon Valley, Amerika Serikat.

Kantor Baru Shopee Mengusung Open-Office Yang Kolaboratif Dan Ramah Lingkungan

Co-working space juga dilengkapi dengan beberapa meja dengan ukuran besar sehingga para karyawan dapat duduk bersama dan berdiskusi ataupun sekedar bercengkrama satu sama lainnya di sela pekerjaannya.

Konsep konektivitas ini dihadirkan dengan adanya sebuah tangga dengan ukuran lebar yang langsung menghubungkan lantai dasar dengan lantai tiga sehingga memudahkan mobilitas karyawannya.

"Bekerja di Shopee membutuhkan tingkat komunikasi dan kolaborasi antar divisi yang tinggi. Konsep ini mendukung kinerja kami dengan tidak adanya sekat tembok penghalang antar karyawan sehingga memudahkan komunikasi," jelas Chris.

Chris mengungkapkan bahwa kantor dengan luas 22.668 meter persegi dengan 6 lantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas terbaik untuk mendukung kinerja karyawannya.

Fasilitas tersebut antara lain adalah tempat gym, ruang terbuka untuk olahraga, kamar mandi pancur, ruang pijat hingga makanan dan minuman ringan yang dapat diambil kapan saja tanpa harus membayar.

Kantor Baru Shopee Mengusung Open-Office Yang Kolaboratif Dan Ramah Lingkungan

Kantor ini juga dilengkapi dengan arena bermain tenis meja dan fussball yang dapat digunakan oleh karyawan diluar jam kerja.

"Kami juga memiliki sleeping pods yang dapat digunakan untuk beristirahat. Saya pikir ini sangat berguna untuk karyawan kami yang membutuhkan istirahat pada waktu tidak terduga," kata Chris.
Kantor ini juga mengusung konsep ramah lingkungan yang salah satunya diwujudkan dengan adanya penggunaan alat makan daur ulang.

Kantor Shopee ini berlokasi di Kent Ridge yang berada di sebelah Barat dari pusat kota Singapura.
Untuk dapat sampai di kantor ini, para karyawan juga dipermudah dengan dengan adanya stasiun MRT yaitu Stasiun Kent Ridge. Jarak antara stasiun dengan kantor dapat ditempuh hanya 5 menit dengan jalan kaki.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.